Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

6 Mar

Semua suka tidur, apalagi ketika bangun dari tidur malan yang baik. Dulu, tidur sering di abaikan oleh para ahli dan selalu dikelilingi oleh mitos-mitos, tapi sekarang kita mencoba untuk memahami betapa pentingnya kualitas tidur bagi kesehatan kita. Faktanya, ketika seseorang tidur kurang dari 6-7 jam setiap malam, imunitas tubuh akan berkurang dan meningkatkan risiko terjangkit penyakit.

Gambar

1. Tidur menjaga jantung Anda tetap sehat

Serangan jantung dan stroke sering kali terjadi selama jam-jam pagi atau subuh. Fakta ini dapat dijelaskan oleh cara kita tidur berinteraksi dengan kinerja pembuluh darah kita. Tirun yang kurang telah dihubungkan dengan memburuknya tekanan darah dan kolesterol, dan semua ini menyebabkan risiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Janutng Anda akan lebih sehat jika tidur diantara 7-9 jam per malam.

2. Tidur dapat mencegah kanker

Orang yang berkerja malam akan lebih berikiso terkena kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti meyakini bahwa hubungan ini disebabkan perbedaan melatonin terhadap orang yang terpapar cahaya pada malam hari. Paparan cahaya mengurangi kadar melatonin,yaitu hormone yang membuat kita bias merasa ngantuk dan sekalian juga memjaga tubuh dengan melawan kanker. Melatonin keluar untuk menahan perkembangan tumor. Pastikan agar kamar Anda gelap agar membantu tubuh Anda memproduksi melatonin.

3. Tidur dapat mengurrangi stres

Ketika tubuh Anda kurang tidur, dan hal itu akan memancing stress. Fungsi tubuh akan berada pada kondisi sangat waspada yang akan menimbulkan kenaikan tekanan darah dan pelepasan hormone stres. Tekanan darah yang tinggi akan meningkatkan resiko terkenan seranga jantung dan stroke.

4. Tidur dapat mengurangi peradangan

Peningkatan hormon stres akanmeningkatkan tingkat peradangan pada tubuh Anda, juga akan menciptakan risiko yang lebih besar pada kanker dan disbetes. Peradangan dipandang sebagai salah satu penyebab kondisi tubuh kelihatan cepat tua. Oleh karena itu, orang yang kurang tidur akan lebih cepat kelihatan tua.

5. Tidur membuat Anda lebih siaga

Tentu saja, tidur malam yang baik akan membuat merasa bersemangat dan siaga keesokan harinya. Merasa aktif dan bersemangat sepanjang hari juga akan meningkatkan kesempatan Anda untuk tidur dangan baik lagi pada malamnya. Ketika Anda bangun dan merasa segar, gunakan energi itu sevara aktif pada setiap kesibukan Anda, maka akan menigkatkan kualitas tidur Anda malamnya dan akan menambah energi Anda setiap pagi berikutnya.

6. Tidur dapat meningkatkan memori

Penelitian tidak dapat memahami dengan begiru jelas kenapa kita tidur dan bermimpi, tetapi sebuah proses yang disebut memory consolidation (penggabungan memori) terjadi ketika kita tidur. Ketika tubuh Anda beristirahat, otak Anda tetap berproses, membuat koneksi antara kejadian-kejadian, perasaan-perasaan dan memori-memori. Semakin tinggi kualitas tidur Anda akan membantu Anda mengingat dan memproses berbagai lebih baik.

7. Tidur dapat membantu Anda mengurangi berat badan

Penelitian juga menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam per malam akan lebih gampang terkena kegemukan dan obesitas. Hal ini berdasar jika kurang tidur akan mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang akan mempengaruhi nafsu makan. Jadi, jika Anda tertarik untuk mengotrol berat badan, harap diperhatikan untuk selalu mendapatkan tidur yang baik setiap malam.

8. Tidur siang dapat membuat Anda lebih pintar

Tidur sebentar pada siang hari tidak hanya efektif sebagai alternatif refreshing, juga dapat menjaga kesehatan Anda dan menjaga Anda untuk tetap produktif. Orang-orang yang tidur sebentar ketika tidur memiliki tingkat stress yang lebih rendah. Tidur siang juga dapat meningkatkan daya ingat, fungsi kognitif (otak) dan mood.

9. Tidur dapat mengurangi risiko depresi

Tidur sangat berpengaruh besar terhadap zat-zat kimia dalam tubuh kita, termasuk serotin. Orang yang kekurangan serotin akanlebih gampang menderita depresi. Anda dapat mencengah depresi dengan memastikan tidur selama 7-9 jam setiap malam.

10. Tidur membantu tubuh Anda memperbaiki bagian-bagian yang rusak

Tidur adalah waktu untuk memperbaiki kerusakan akibat stres, sinar ultra violet, dan paparan-paparan berbahaya lainnya. Sel-sel dalam tubuh memproduksi lebih banyak protein ketika tidur. Protein ini berguna untuk memperbaiki kerusakaan-kerusakan tadi.

(Sumber: http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2010/07/21/10-keuntungan-tidur-malam-yang-baikcukup-bagi-kesehatan-200720.html)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RenI Tri WulAndAri

WELCOME TO MY BLOG :@

ylisa10

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

fidadailatat

Don't give up

erwincutong

Your Succes Our Passion

Erni_Fatimah

Man Jadda Wajada

comelwulan

Smile! You’re at the best WordPress.com site ever

Success

Something brave is special

adecheersy

Everybody has a story to share, do it or be nothing

dalliahadzira

bienvenidos a mi blog ^,^

Anasdoank

nggak ada KOE nggak rame

Tivani Kusuma

be simple, be creative, and be your self!

Sholehah's blog

Don't be fainthearted and don't be procrastinator

Putri's blog

PUT me in a stoRY :)

Nur Anggraini

Welcome to my story world

Lina Safrianti

Welcome to my new blog

IlMU DAN DAKWAH

Anak Rantau

Flafendi's Blog

I Do I Have To Do

Paramitha Dyah

Dream, believe, make it happen :)

Nonayume

ini semua tentang dunia ku, duniamu, & dunia kita

%d bloggers like this: